Welcome!

Selamat Datang Di Blog Kami

Sabtu, 14 Agustus 2010

Semenjak aku masuk SMSR Surabaya (sekarang SMKN 11,dekat Univ.Petra) sampai masuk kelas 2 sekarang,aku yang dulunya asing dan gak tahu bedanya cat air dan cat minyak mulai paham juga,mulai dari alat,bahan, sampai teknik juga.Ternyata dua-duanya bedaa!!!!!GRAAA!!!!

Cat Air

Sebelum diajari pake ini dengan benar ama guru SMSR,aku aslinya meremehkan pemakaian cat air.Karena dulu aku anggap cat air itu gampang.Ternyata…..pas praktek di semester 2 kelas 1…..YA ALLAH SUSAHNYAAAAAAA!!!!!*stress*
Karena cat air sifatnya basah dan transparan,jadi pertama-tama harus diblocking dengan warna tipis dulu,baru diulang-ulang ampe keliatan dimensinya.Praktek pertama,aku langsung sinting sendiri,gara-gara warnanya ketebelan T^T….kampret….tapi seiring waktu ampe naik kelas 2,aku jadi sedikit enjoy dan terbiasa ama barang satu itu.

Alat ama bahan pun juga harus ditentukan.Jangan sampe tau-tau moles warna pake kuas cat minyak!(kejadian nyata).Dulu kukira kuas flat (yang bulunya nilon,bukan ijuk kayak kuas yang harganya 1000 itu) yang kubeli yang merek Lyra adalah kuas cat aer,eh gataunya buat CAT MINYAK TOHH!!!Kalo kuas cat air,normalnya ujungnya lancip,lha yang kubeli ujungnya rata gitu….

Terus untuk catnya,aku sarankan biar bagus jangan pake yang harganya 6000 ampe 10ribuan itu!!!JANGAN POKOKNYA!!!Warnanya jelek.Kalo mau murah dan bagusan dikit ,beli aja yang Marie’s,karena harganya gak sampe 50ribu lah.Paling 25 ribuan udah dapet 12 ato 18 tube gede2^^.Tapi sayangnya aku gak pake itu,aku pake yang Phoenix buatan China,karena warnanya bagus(dan rada mahal,ugh).Setauku ada beberapa merek yang catnya bagus,antara lain Marie’s , Reeves, Faber Castel , Phoenix , Pentel, atau paling mahal itu Rembrant ama Sakura.

Kertasnya juga.Untuk kertas,disarankan jangan pake kertas gambar biasa deh.Bakal beresiko robek,ato bolong kalo kena air.Lebih keterlaluan lagi kalo kamu make kertas HVS!!!Ya bakalan rusak lah ^^.Pakai kertas watercolor / aquarel aja,karena,kertas ini punya system khusus untuk menahan air.^^

Cat Minyak

Kelas 2 ini baru pertama kalinya diajari pake cat minyak,lho!Hohoho,pertama kali pake…CANGGUNG LUAR BINASA XD!!!Karena emang kebiasaan pakai cat air,jadi pas memakai warna dasar,minyaknya kubanyakin,dan kupoles tipis-tipis kayak pakai cat air!!!Alhasil : keringnya lama,diomelin guru,dan hasilnya menyeramkan.Benar-benar bodoh ya ^^ (bodoh kok bangga,parah).Ternyata cat minyak itu kebalikan dari cat air : dimulai dari warna gelap lalu terang.Jadi intinya kita blok dulu pake warna tebel,baru deh,dipoles warna terang beserta detail-detailnya ^^.sampe sekarang aku masih belum berhasil pakai benda satu itu ^^

Kuasnya pun gak sembarangan.Untuk kuas,kita pakai yang merek Eterna.Tau kan,kuas yang gede-gede itu dan ujungnya flat.Tapi buat detail kecil,pake aja kuas cat minyak yang batangnya kecil-kecil kayak Lyra ato Reeves itu.Dan kanvasnya kita gak pake yang kainnya blacu,tapi kain khusus kanvas.Kalo blacu,harus kita gosok n poles pake apaa gitu(aku lupa T^T).Minyak juga,kita masih pake yang Astro.Tadinya aku mau beli yang Marie’s,tapi mahaaalllll!!!!!!

Karena soal bahan ini aku masih tahap latihan,jadi dikit aja dah yang kujelasin.Ntar saja pas udah sedikit terbiasa ama cat minyak,baru deh Insyaallah kujelasin banyak-banyak deh XD!!!

Makan ahh~

Tidak ada komentar:

Posting Komentar